Pendahuluan

Definisi Makanan Sehat

Makanan yang memenuhi syarat kesehatan atau makanan sehat adalah makanan yang higienis, bergizi, dan berkecukupan. Makanan yang higienis adalah makan yang tidak mengandung kuman penyakit atau zat yang dapat membahayakan kesehatan. Makanan yang bergizi adalah makanan yang cukup mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin dalam jumlah yang seimbang sesuai kebutuhan. Makanan yang berkecukupan adalah makanan yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh pada usia dan kondisi tertentu. Selain memenuhi persyaratan pokok tersebut, perlu diperhatikan juga cara memasak makanan, suhu makanan pada saat disajikan, dan bahan makanan yang mudah dicerna.
Tiga fungsi utama makanan sehat :
  1. Sebagai sumber energi, yaitu zat makanan dapat menyediakan energi untuk berbagai aktivitas tubuh. Zat makanan yang berperan dalam menghasilkan energi adalah karbohidrat dan lemak. Dalam keadaan darurat, protein juga bisa sebagai sumber energi. Kandungan Kalori setiap 1gram zat makanan karbohidrat adalah 4,1 Kalori ; lemak 9,3 Kalori ; protein 4,1 Kalori ( 1 Kalori = 1 kilokalori )
  2. Sebagai pembangun tubuh, yaitu zat makanan yang diperlukan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan penggantian sel tubuh yang rusak. Zat makanan yang berperan adalah protein dan beberapa mineral.
  3. Sebagai pelindung, yaitu zat makanan yang berperan menjaga keseimbangan (homeostasis) proses biologis atau metabolisme dalam tubuh. Metabolisme itu misalnya mengatur kerja hormon, mengatur pertumbuhan tulang, mempengaruhi kerja jantung, dan mengatur penghantaran impuls sel syaraf. Zat makanan yang berperan adalah protein, vitamin, mineral, air.
Selain ketiga fungsi utama tersebut, makanan juga berfungsi untuk :
  1. Menjaga tubuh dari kondisi stres yang biasanya terjadi jika seseorang terkena penyakit, menerima tekanan kerja yang cukup berat, atau mendapat masalah yang menggangu emosionalnya. Jika cukup nutrien akan tahan terhadap kondisi stres ini, karena nutrien yang cukup menjaga tubuh dalam kondisi optimal.
  2. Meningkatkan inteligensi, beberapa penelitian menunjukan bahwa kecukupan gizi pada masa bayi mempengaruhi inteligensi. Ibu hamil kurang gizi (terutama jika kekurangan protein dan karbohidrat) melahirkan anak dengan kemampuan belajar rendah.
  3. Memelihara fungsi reproduksi, terdapat kolerasi antara kecukupan nutrien dengan kemampuan bereproduksi wanita. Beberapa penelitian menunjukan bahwa wanita yang mengalami defisiensi nutrien lebih sering keguguran ketika hamil dan bermasalah selama hamil.

Makanan Menurut Para Ahli


Makan adalah kebutuhan pokok manusia. Setiap hari kita harus makan supaya kita mempunyai energi untuk beraktivitas. Idelnya menurut teori, manusia perlu makan 3 kali sehari untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Bila sebelumnya makan berarti harus mengkonsumsi nasi, maka seiring dengan perubahan gaya hidup,  manusia tidak hanya mengkonsumsi nasi selama makan. Nasi sebagai sumber karbohidrat yang mensuplai prosentase terbesar untuk energi bisa digantikan dengan sumber karbohidrat yang lain. Seperti kentang, roti gandum, cereal, dll
 
Berikut ini adalah pengertian dan definisi makan:
  1. ZAENAB AL-GHAZALI = Makan adalah ibadat
  2. PROF. DR. ALI KHOMSAN, makan merupakan ajang bagi anak untuk belajar banyak hal
  3. AGUNG BUDI SARDJONO, Makan merupakan kegiatan menikmati hasil masakan
  4. TRACY HOGG, Makan adalah ketrampilan sosial, anak akan belajar kesabaran dan sopan santun
  5. UST. ZAN ZAINUL, Makan adalah proses awal membangun tubuh yang ideal dan proporsional, sedangkan gizi atau nutrisi adalah kandungan terpilih dari makanan yang kita cerna
  6. MARCUS J. BONG, Makan adalah suatu mikrokosmos sistem sosial, makan semeja dengan orang-orang lain adalah suatu penjelmaan wawasan sosial
  7. JEAN VAN DE KOK & NINA NANLOHY, Makan adalah bagian penting dalam budaya suatu bangsa
  8. CHRISTI WARDANI & DODO HERMANA, Makan adalah kebutuhan pokok makhluk hidup
  9.  RHENALD KASALI, Makan adalah kebutuhan, sedangkan nasi adalah keinginan
  10.  HENI NUR 'AFNI, makan adalah suatu proses yang harus dijalani manusia dan merupakan hal yang sangat alami
  11. WAHYU SALVANA, Makan adalah sebuah proses yang penting bagi tubuh. Dengan makan, tubuh kita mendapatkan nutrisi sekaligus energi yang dibutuhkannya untuk mempertahankan hidup
  12. Eko Pudjianto, Makanan merupakan pengisi perut yang lagi lapar


 
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger
  • Sebagai Kota Bahari untuk bisnis masa depan.
  • Sebagai Kota Ayu yang selalu menimbulkan rasa kengen.
  • Kota Berhias yang ditumbuhi pertanian yang subur.
  • Penuh dengan Pesona alam yang indah dan sejuk.
  • Baturaden sebagai tujuan wisata favorit.
  • Wisata Pantai Indah di kota Bisnis.
  • Pemandian Air panas kaki gunung selamet.
  • Hamparan kebun teh yang hijau dan indah.
- Penulis: Kelompok Tugas IT Governace
Diberdayakan oleh Blogger.